Jumat, 18 Februari 2011

Overconfidence

Memiliki rasa kepercayaan diri tinggi itu bagus, bermanfaat dan kadang-kadang dibutuhkan bagi siapa saja dalam berbagai kondisi. Bahkan banyak sekolah-sekolah merasa perlu untuk memberikan tambahan pelajaran bagi para siswanya tentang memompa dan meningkatkan rasa kepercayaan diri bagi siswa-siswanya.
Percaya diri itu perlu, bahkan harus dan keharusan!!!
Tapi apa iya terlalu percaya diri untuk semua hal juga perlu, harus dan dibutuhkan?

Trnyata jawabannya tidak..
Overconfidence akan membuat kita arogan dan lupa diri. Percaya diri yang amat sangat bahkan mengaburkan pandangan dan pikiran apa-apa bahwa kita hanya manusia biasa yang terkadang memiliki kelemahan, kekurangan dan hal-hal negatif. Terlalu percaya diri juga biasanya akan memicu arogan yang amat sangat dan posesif dan sikap ke-aku-an menjadi -jadi.
Terlalu percaya diri pada beberapa hal bagus tapi pada hal-hal lain akan menjadi blunder dan bumerang bagi pelakunya sendiri, karena terlalu meremehkan hal-hal yang bisa saja merusak rencana-rencana besarnya.
Orang yang terlalu percaya diri terlalu besar biasanya tidak memperhitungkan orang lain, pikiran dan masukan orang lain dan hanya berpikir bahwa apa yang dipikirnya selalu benar karena dia mr.right.


Intinya, percaya diri boleh, tapi jangan terlalu PD karena itu akan
menumbangkan rasa peduli dan kehati - hatian diri pribadi dan pada suatu saat akan merugikan orang lain dan pasti merugikan diri sendiri. Cobalah saat percaya pada diri, lihat dampak dan efek - efek lain yang tak cukup hanya dengan percaya diri berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar